ads

Perbedaan Panel Surya Monocrystalline dengan Polycrystalline

Jikalau Anda berkeinginan tahu apa sih perbedaan antara panel surya monocrystalline dengan polycrystalline? Hampir 90% dari tipe panel surya atau panel fotovoltaik di pasar dunia saat ini didasarkan pada sebagian tipe silikon. Tahun 2017 saja, lebih dari 99% proyek kekuatan surya pemerintah Indonesia memasang panel surya kristal, monocrystalline atau polycrystalline.

Panel Surya

Yang mana yang terbaik dari Monocrystalline atau Polycrystalline?
Pada dasarnya, apa pilihan terbaik di antara panel surya monocrystalline vs polycrystalline bukanlah sesuatu yang penting saat Anda memasang panel surya untuk kebutuhan Anda. Yang lebih penting yakni Anda memilih panel surya menurut siapa penjualnya?

Apakah penjual ditunjang oleh perusahaan besar atau hanya oleh warung atau penjual pribadi saja? Apakah ada garansi yang ia berikan? Di mana Anda sepatutnya menelepon saat problem terjadi? Apakah spesifikasi panel surya tersedia sesuai dengan kondisi produk yang Anda bawa pulang?

Karena segala orang dapat punya problem panel surya di Indonesia, namun tak segala orang berani menjamin produk yang mereka jual. Panel surya yakni faktor umum yang gampang ditemukan di mana saja kini, seumpama melalui dunia online, sehingga perlu berhati-hati untuk memiliki produk yang baik.

Silikon dipakai dalam sel surya untuk membikin panel surya. Memiliki sebagian format. Perbedaan utamanya yakni kemurnian silikon, dimana kian banyak silikon murni dipakai, kian baik sel surya yang akan merubah kekuatan matahari (sinar matahari) menjadi listrik. Monocrystalline dan polycrystalline panel surya benar-benar mirip dalam harga dan daya kerja lampu pju, berikut penjelasannya :

Panel surya monocrystalline
Macam panel surya monocrystalline diwujudkan dengan silikon yang dibentuk menjadi batangan dan diiris. Macam panel ini umum disebut ‘monocrystalline’ untuk menandakan bahwa silikon yang dipakai yakni silikon monocrystalline. Karena sel terbuat dari kristal tunggal, elektron yang menciptakan listrik punya lebih banyak ruang untuk mengalir.

Maka dari itu, panel monocrystalline lebih efisien daripada kompetitor polycrystalline mereka.

Panel surya Polycrystalline
Panel surya tipe polycrystalline memang terbuat dari silikon. Tetapi, alih-alih menggunakan silikon kristal tunggal, pembuat melelehkan sebagian potongan silikon bersama untuk membentuk irisan bagi panel. Panel surya polycrystalline juga disebut sebagai ‘multi-kristal’, atau banyak kristal silikon. Karena ada banyak kristal di tiap-tiap sel, elektron kurang bebas bergerak. Sebabnya, panel surya polycrystalline punya efisiensi yang sedikit lebih rendah daripada panel surya tipe monocrystalline.