ads

Cara Sederhana Atasi Retensi Air Saat Haid

Melayu post – Gejala edema yang paling umum selama periode adalah kenaikan berat badan dengan alasan yang tidak dapat diterima akal. Berat badan dapat diamati selama beberapa hari tiba-tiba. Bengkak di tangan dan kaki, berat di payudara juga disebabkan karena retensi air. Jika kandungan air dalam tubuh sangat tinggi, maka jika ditekan pada kulit, indent mungkin terlihat selama beberapa detik, yang merupakan gejala retensi air.

Dalam kebanyakan kasus, retensi air tidak mereda dengan sendirinya saat haid. Namun, dalam beberapa kasus, beberapa tindakan harus dilakukan untuk meringankan kondisi tersebut. Hal ini terutama terjadi jika retensi air parah.

Minum Air: Kita dapat mengkonsumsi cukup banyak air dan tidak mengalami dehidrasi. Begitu jumlah air yang yang kita konsumsi sudah cukup, kelebihannya akan dikeluarkan dari tubuh dan membantu mengurangi retensi air.

Kurangi Asupan Sodium: Salah satu penyebab retensi air adalah asupan sodium yang tinggi. Oleh karena itu untuk mengurangi edema selama menstruasi, penting untuk mengurangi asupan sodium. Bila kadar sodium dalam tubuh menurun, retensi air berkurang dengan sendirinya.

Makanan Mengandung Banyak Air: Seiring dengan mengkonsumsi air, penting bahwa makanan harus terdiri dari makanan kaya air. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memasukkan makanan seperti mentimun, semangka, buah beri, selada, seledri, dan lain-lain, dalam makanan. Dengan makanan ini, kandungan air dalam tubuh akan naik dan membantu dalam mengurangi retensi air.

Latihan: Salah satu metode terbaik untuk mengatasi retensi air adalah berolahraga. Minimal 30 menit latihan harus dimasukkan dalam rutinitas sehari-hari. Ini juga akan membantu sirkulasi darah lebih baik dan juga membantu metabolisme, yang pada gilirannya akan membantu dalam meningkatkan kondisinya.

Kalsium: Kebanyakan wanita menderita kadar kalsium rendah. Oleh karena itu, dianjurkan, yang satu mengambil suplemen kalsium terutama sebelum dan selama periode. Namun, itu tidak berarti Anda tidak memasukkan kalsium dalam makanan Anda. Kalsium membantu dalam merawat retensi air dengan mengeluarkan air ekstra ke luar tubuh.

Suplemen Gizi: Seiring dengan kalsium, dianjurkan suplemen vitamin B6 dan suplemen magnesium juga diminum. Sekali lagi, jadikan ini sebagai titik untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini juga.